nGeJurnal, nYok…

verba volant, scripta manent…

Lingkaran Narasumber

leave a comment »

Foto: chrisvanstone.com

Foto: chrisvanstone.com

Lingkaran narasumber terbagi atas 3 kategori, yaitu:

  • Informan
    Orang yang memberikan informasi apapun. Informasi dari informan digunakan untuk dikembangkan lebih lanjut, dan tidak boleh dikutip pernyataannya. Informasi dari informan bisa saja benar, bisa juga salah. Kewajiban seorang wartawan adalah menampungnya kemudian menyaring dan mengembangkan informasi dari informan.
    Informasi dari informan bisa dikutip pernyataannya bila statusnya meningkat menjadi narasumber. Syaratnya informan mengizinkan pernyataannya dikutip dan data yang disampaikannya valid.
  • Sumber Data
    Data yang terdokumentasikan dan terekam seperti rekaman suara, data-data komputer, dan rekaman video. Sumber data bisa jadi valid dan sah, bisa pula tidak. Sumber data boleh dibaca, tetapi tidak boleh dikutip atau pun disiarkan. Tugas wartawan adalah memverifikasi setiap sumber data yang dia dapatkan kepada narasumber yang berkaitan dengan sumber data.
    Adapun dengan pers rilis atau situs web pihak-pihak tertentu, sah hukumnya untuk dikutip.
  • Narasumber
    Orang yang memberikan pernyataan untuk dikutip. Biasanya, sifatnya resmi sehingga narasumber haru tahu konsekuensi bahwa pernyataannya akan dikutip dan tahu pula konsekuensi hukumnya. Bagaimana pun, pernyataan narasumber memiliki kekuatan hukum. Sehingga bila salah berbicara, orang bisa menuntut kepada narasumber.
    Karena memiliki banyak sekali konsekuensinya, seorang narasumber harus tahu bahwa dia sedang diwawncarai. Narasumber juga harus tahu siapa yang mewawancarainya dan juga harus memberi izin bahwa pernyataannya boleh dikutip.
    Syarat lain dari narasumber adalah orang yang berkompeten. Misalnya, bila terjadi letusan Gunung Guntur yang mengeluarkan lava. Tukang Asongan di Cicaheum bisa menjadi narasumber bila dia melihat sendiri bahwa Gunung Guntuk mengeluarkan lava. Namun, bila hanya mendengar dari penumpang bus di Cicaheum, maka dia adalah informan, bukan narasumber.
Foto: prblog.typepad.com

Foto: prblog.typepad.com

Narasumber dibagi dalam lingkaran-lingkaran berikut:

  • Narasumber tingkat 1
    Data yang disampaikannya tidak terbantahkan. Berita yang tidak memiliki narasumber primer, dinyatakan lemah. Misalnya kasus video Ariel dan Luna Maya. Pelakunya adalah narasumber primer dan utama.
  • Narasumber tingkat 2
    Orang yang tidak terkait langsung dengan peristiwa, tetapi ada kaitannya. Biasanya dia hanya mendengar dari seseorang, dan bukan sumber pertama. Narasumber kedua bisa menjadi narasumber primer jika situasinya menghendaki demikian. Contohnya dengan Camat yang memberikan keterangan terkait longsor di kecamatannya. Meskipun tidak menyaksikan langsung longsor, tetapi dia menjadi narasumber primer karena mewakili secara kelembagaan.
    Adapun narasumber kedua yang mau memberikan pernyataan tetapi tidak mau disebutkan namanya, boleh saja dikutip. Adapun dengan syaratnya adalah pernyataannya valid dan wartawan tahu banyak mengenai latar belakang narasumber. Narasumber boleh anonim, tetapi dengan syarat dan ketentuan yang sangat ketat.
    Adapula narasumber yang namanya sengaja disamarkan. Contohnya saja korban kekerasan seksual atau pelaku kejahatan di bawah umur.

Adapun syarat utama narasumber adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang memiliki ingatan yang sangat kuat. Wartawan harus hati-hati dengan orang yang terus menerus menyampaikan pernyataan, tetapi ingatannya tidak kuat dan pernyataannya berubah-ubah.
  2. Orang yang jujur. Lihat pernyataannya, apakah berubah-ubah dan logis atau tidak? Hati-hati dengan narasumber yang berubah-ubah dan tidak logis.
  3. Berbahasa dengan jelas. Bila tidak jelas, suruh narasumber menuliskan pernyataannya.

Written by Yudha P Sunandar

15 November 2010 at 13:12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: